Sabtu 22 Oct 2022 06:50 WIB

Makan 400 Gram Sayur dan Buah per Hari Cegah Sakit Kronis

Makan buah bisa cegah mengidap sakit kanker, jantung, hingga stroke.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Makan buah bisa cegah mengidap sakit kanker, jantung, hingga stroke.
Foto:

4.Terlindungi dari kanker tertentu

Wallace berbagi bahwa 1 dari 5 kanker terkait dengan pola makan dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, termasuk rendahnya asupan buah dan sayuran. 

"Dalam studi epidemiologi yang sangat besar, di mana orang memberikan informasi rinci tentang segala sesuatu yang mereka makan dan minum, tingkat pengembangan beberapa kanker lebih rendah pada orang yang makan makanan tinggi buah-buahan dan sayuran," ujar Anne McTiernan, MD, Ph.D, seorang profesor epidemiologi di Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson.

 

6. Manajemen berat badan yang sehat dan lebih mudah

Menjaga berat badan yang tidak diinginkan sama pentingnya dengan apa yang Anda makan dan apa yang tidak Anda makan. Dalam sebuah penelitian, peserta yang melaporkan makan sembilan porsi produk sehari, 74 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menambah berat badan selama satu dekade dibandingkan mereka yang mengonsumsi setengah dari jumlah itu.

 

7. Hidup lebih lama

Tidak ada pil yang bisa mendekati campuran vitamin, mineral, serat, dan 5.000 lebih senyawa bioaktif yang ditawarkan buah dan sayuran. Tidak heran mereka mungkin membantu Anda hidup lebih lama, kata sebuah penelitian baru -baru ini yang melacak kebiasaan makan 108.735 orang selama tiga dekade. 

Mereka yang mengonsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayuran non-tepung setiap hari menikmati umur panjang terbesar, mengurangi kemungkinan kematian dini dari kondisi seperti kanker, penyakit kardiovaskular dan penyakit pernapasan sebesar 13 persen dibandingkan dengan orang yang hanya makan dua porsi sehari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement