Sabtu 22 Oct 2022 06:50 WIB

Makan 400 Gram Sayur dan Buah per Hari Cegah Sakit Kronis

Makan buah bisa cegah mengidap sakit kanker, jantung, hingga stroke.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Makan buah bisa cegah mengidap sakit kanker, jantung, hingga stroke.
Foto: www.piqsels.com
Makan buah bisa cegah mengidap sakit kanker, jantung, hingga stroke.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti menemukan bahwa makan 400 gram buah dan sayuran setiap hari dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, stroke, dan demensia. Peneliti menerjemahkan jumlah konsumsi buah dan sayur tersebut ke dalam lima porsi sehari, dan hal ini sudah menjadi pesan kesehatan masyarakat yang dominan selama beberapa dekade. 

Ini sejumlah manfaat dari konsumsi buah dan sayur sebanyak lima porsi per hari.

Baca Juga

1. Berisiko penyakit jantung yang lebih rendah

"Bukti terkuat tentang manfaat buah dan sayuran adalah mengenai pencegahan penyakit kardiovaskular," ujar Taylor Wallace, Ph.D., kepala ilmuwan makanan dan nutrisi untuk Produce for Better Health Foundation seperti dilansir dari laman Eating Well, Sabtu (22/10/2022).

Studi International Journal of Epidemiology menemukan bahwa orang yang makan sekitar enam porsi (atau 18 ons) buah dan sayuran sehari 16 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat penyakit jantung koroner dibandingkan orang yang makan kurang dari 1 ons setiap hari.

"Salah satu alasan besar adalah bahwa serat larut dalam produk dapat membantu memblokir reabsorpsi kolesterol dari usus dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah," jelas rekan penulis studi Edward Giovannucci, MD, MPH, seorang profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard TH Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan.

 

2. Risiko stroke berkurang

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa makan 7 porsi buah dan sayur sehari dapat mengurangi risiko stroke mulai dari 10 persen hingga 19 persen . Ini sebagian berkat kalium. Produk menyediakan lebih banyak mineral penurun tekanan darah ini daripada kelompok makanan lainnya, dan tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk stroke.

 

3. Kesehatan otak meningkat

Tinjauan sistematis Nutrients tahun 2020 menyimpulkan bahwa mengonsumsi lima porsi atau lebih setiap hari terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik, terutama lebih sedikit depresi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement