Jumat 21 Oct 2022 20:32 WIB

Anak Demam Vs Hiportermia, Begini Cara Penanganan Pertamanya

Anak disebut demam ketika suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celsius.

Anak demam (ilustrasi). Mengompres anak dengan air hangat dapat membantu meredakan demamnya.
Foto:

Hipotermia

Di sisi lain, dr Jennie juga mengingatkan, pada bayi baru lahir yang di bawah usia 28 hari justru sebetulnya jarang ditemui kasus demam. Yang paling sering adalah masalah infeksi yang ditandai dengan hipotermia atau suhu tubuh kurang dari 36,5 derajat Celsius.

"Kita mesti waspada karena sebetulnya hipotermia ini justru adalah penyebab kematian yang nomor satu pada bayi baru lahir, jadi ketika anaknya hipotermia, kita tidak boleh main-main karena cepat sekali perburukannya," kata dia.

Dr Jennie mengingatkan ketika kulit bayi menunjukkan pola seperti marmer (cutis marmorata), hal tersebut juga merupakan tanda suhu tubuh rendah atau bayi kedinginan. Ketika hipotermia terjadi, anak harus dikondisikan dalam suhu yang hangat dengan mengenakan topi atau selimut.

Jika bayi bertubuh kecil, anak juga bisa dipeluk lebih dekat. Caranya sama seperti saat kanguru memeluk anaknya di dalam kantung.

"Sebetulnya, dengan dia dipeluk dan dekat dengan kulit ibu, itu transfer panasnya ada, jadi ini bisa membantu kalau bayi-bayi butuh panas tambahan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement