Kamis 20 Oct 2022 13:28 WIB

Cegah Osteoporosis, Usia Berapa Harus Mulai Menabung Massa Tulang?

Osteoporosis bisa dicegah dengan menabung massa tulang.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga (ilustrasi). Menabung massa tulang sejak dini diperlukan agar tulang tetap kuat saat usia lanjut, terhindar dari osteoporosis.
Foto:

Penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D

Dr Lily mengatakan osteoporosis bisa dicegah sejak usia dini. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Hanya saja, di Indonesia, asupan kalsium masih rendah.

"Indonesia zona merah kalsium karena hanya mampu penuhi kurang 400 mg per hari, sementara kebutuhannya sekitar 1.000 sampai 1.500 mg per hari," ungkap dr Lily.

Kalsium bisa didapat dari makanan dan minuman, salah satunya dari susu. Selain kalsium, Anda juga harus memenuhi kebutuhan vitamin D.

Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium. Vitamin ini bisa didapatkan dari cahaya matahari. Caranya dengan berjemur sekitar pukul 09.00 WIB selama 10 menit. Jika berat badan Anda berlebih, maka bisa ditambah menjadi 20 menit lamanya.

Scientific & Regulatory Affairs Director, Fonterra Brands Indonesia, Affifudin, menyebut osteoporosis ini bisa dicegah dari awal dengan pola makan seimbang, termasuk dengan mengonsumsi susu tinggi kalsium. Hanya sajam asupan konsumsi susu bukan bagian kebiasaan masyarakat Asia.

"Konsumsi kalsium masih rendah sehingga risiko osteoporosis tinggi," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement