Selasa 18 Oct 2022 07:21 WIB

Cegah Sakit Asma, tidak Merokok Hingga tak Boleh Pelihara Hewan

Dokter sebut ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit asma.

Dokter sebut ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit asma.
Foto: Pixabay
Dokter sebut ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit asma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis paru dr Wisuda Moniqa Silviyana, SpP, mengemukakan sejumlah upaya yang diperlukan untuk mencegah penyakit asma. "Terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam pencegahan penyakit asma," kata Wisuda Moniqa dihubungi dari Jakarta, dikutip Selasa (18/10/2022).

Dokter yang praktik di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto itu, menyebutkan salah satu upaya untuk mencegah atau mengendalikan asma dengan tidak merokok dan menghindari paparan zat yang mengganggu saluran napas. Dia menambahkan, penderita penyakit asma sebaiknya menghindari memelihara hewan, seperti anjing dan kucing.

Baca Juga

"Misalkan asap rokok, debu, polusi udara, dan faktor alergi lain apabila ada dan terkait, misalkan bau-bauan yang mengiritasi seperti parfum, obat semprot serangga, dan detergen meskipun tidak semua penderita asma tercetus oleh hal ini," katanya.

"Selain itu perlu menggunakan kasur dan bantal sintesis atau jika tidak ada, gunakan kain penutup yang terbuat dari bahan sintesis. Hindari menggunakan bantal dan kasur dari kapuk," katanya.

Dia mengatakan, seorang penderita penyakit asma sebaiknya juga mengusahakan untuk tidak memakai karpet di dalam rumah dan kamar tidur. "Hindari stres atau emosi berlebihan. Banyak istirahat yang cukup dan menerapkan pola hidup sehat," katanya.

Moniqa menambahkan, hal yang sering menyebabkan munculnya gejala pada seorang penderita asma adalah terkait infeksi saluran napas dan perubahan cuaca. Dia juga menambahkan faktor pencetus asma pada setiap orang berbeda-beda.

"Dengan demikian pencegahannya adalah dengan menjaga imunitas tubuh. Selain itu, tetap menerapkan protokol kesehatan agar dapat mencegah penularan infeksi saluran napas dan menyebabkan kita tercegah dari risiko infeksi saluran napas," katanya.

"Pencetus bisa sama antarsatu pasien dengan yang lain bisa juga beda. Faktor utamanya adalah alergi sehingga imunitas perlu dijaga agar tidak terkena infeksi saluran napas atau flu, karena flu atau infeksi saluran napas bisa menyebabkan kekambuhan asma," ujarnya menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement