Rabu 12 Oct 2022 06:44 WIB

Sering Diabaikan, Ini Gejala Awal Penyakit Perlemakan Hati

Perlemakan hati sering kali tak memunculkan gejala pada tahap awal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (ilustrasi). Sakit perut kanan atas bisa menjadi gejala awal penyakit perlemakan hati nonalkoholik (PPHNA).
Foto:

Mencegah lebih utama

Dibandingkan menjalani pengobatan, akan lebih baik melakukan upaya pencegahan PPHNA. Salah satu upaya pencegahan yang dianjurkan NHS adalah menjaga indeks massa tubuh dalam rentang yang sehat. Bagi orang yang kelebihan berat badan, menurunkan 10 persen berat badan bisa membantu mengurangi sebagian lemak pada hati.

Penurunan berat badan bisa dicapai dengan cara memperbaiki pola makan dan melakukan olahraga secara rutin. Dalam hal perbaikan pola makan, beberapa upaya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan konsumsi sayur dan buah, serta membatasi konsumsi garam dan gula.

Sedangkan terkait olahraga, NHS merekomendasikan masyarakat untuk berolahraga minimal 150 menit per pekan. Olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga berintensitas sedang seperti berjalan kaki, bersepeda, dan lari.

Perubahan gaya hidup juga dapat membantu menekan risiko PPHNA. Beberapa contohnya adalah menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.

Konsumsi alkohol berlebih memang tidak menyebabkan PPHNA. Akan tetapi, kebiasaan ini bisa memperburuk kondisi PPHNA atau bahkan menyebabkan penyakit perlemakan hati alkoholik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement