Ahad 09 Oct 2022 06:37 WIB

Kekurangan Vitamin D, Jangan Heran Kalau Kena Restless Legs Syndrome

Dorongan menggerakkan kaki di malam hari bisa jadi pertanda kekurangan vitamin D.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Dua warga berjemur di ruang terbuka Telanaipura, Jambi, Rabu (21/4/2021). Kurang terpapar sinar matahari dapat menyebabkan orang mengalami defisiensi vitamin D.
Foto:

Gejala lain dari kekurangan vitamin D

Gejala kekurangan vitamin D tidak selalu jelas. Menurut Cleveland Clinic, kelelahan, nyeri tulang, kelemahan otot, dan perubahan suasana hati mungkin merupakan tanda. Namun, mungkin saja Anda tidak memiliki tanda atau gejala dari defisiensi tersebut.

Satu-satunya cara untuk memastikan apakah Anda kekurangan adalah dengan diuji oleh penyedia layanan kesehatan. Kekurangan vitamin D biasanya didiagnosis jika kadarnya lebih rendah dari 25nmol/L.

Akar dari kekurangan vitamin D

Tidak mengonsumsi cukup makanan sumber vitamin D atau kurang terpapar sinar matahari adalah dua penyebab utama defisiensi vitamin D. Namun, kondisi ini terkadang bisa disebabkan oleh tubuh yang tidak sepenuhnya menyerap atau menggunakan vitamin D.

"Anda harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen harian yang mengandung 10 mikrogram vitamin D sepanjang tahun," ujar National Health Service di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement