Rabu 05 Oct 2022 08:02 WIB

Tidak Duduk Terlalu Lama Sama Pentingnya dengan Olahraga Buat Cegah Penyakit Jantung

Untuk mencegah penyakit jantung, hindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Karyawan duduk di balik meja kantor (Ilustrasi). Saat bekerja, upayakan untuk bangkit dari kursi dan berjalan sebentar secara berkala. Kebiasaan ini penting untuk kesehatan jantung.
Foto:

Penyakit jantung

Penyakit jantung dan peredaran darah adalah salah satu pembunuh terbesar di Inggris, terhitung sekitar seperempat dari semua kematian setiap tahun. Penyakit jantung koroner adalah jenis yang paling umum.

Ini terjadi ketika arteri menyempit oleh penumpukan zat lemak di sepanjang dindingnya. Jika dibiarkan, kondisi tersebut bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Gejala utama penyakit jantung koroner adalah nyeri dada (angina), sesak napas, sakit seluruh tubuh, merasa lemah, dan merasa sakit (mual). Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung ialah kadar kolesterol tinggi (terkait dengan diet), tekanan darah tinggi, stres, alkohol dan merokok.

"Menghindari hal-hal seperti merokok dan mengelola tingkat stres kita juga penting," ujar Whitbread.

Selain itu, stres sangat terkait dengan serangan jantung dan tekanan darah tinggi. "Pria memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung, mungkin sebagian karena cara mereka memproses stres."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement