Selasa 04 Oct 2022 10:11 WIB

Sacheen Littlefeather Wafat, Tenar Sebagai Aktivis yang Wakili Marlon Brando Tolak Oscar

Sacheen Littlefeather mewakili aktor 'Godfather' Marlon Brando untuk menolak Oscar.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktivis dan aktris Marie Louise Cruz alias Sacheen Littlefeather meninggal dunia pada Ahad (2/10/2022) akibat kanker payudara.
Foto:

Littlefeather, yang tampak gugup selama pidato, menerima pujian sekaligus cibiran dari peserta lainnya setelah upacara. Lalu, 49 tahun kemudian, tepatnya pada bulan Agustus lalu, Academy selaku penyelenggara Oscar menulis permintaan maaf resmi kepada Littlefeather atas beban emosional yang dirasakannya.

"Pelecehan yang Anda alami karena pernyataan itu tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan. Beban emosional yang dirasakan dan kerugian untuk karier di industri tidak bisa diperbaiki. Sudah terlalu lama keberanian yang Anda tunjukkan tidak diakui. Untuk ini, kami menyampaikan permintaan maaf mendalam dan ungkapan kekaguman kami yang tulus," tulis David Rubin, presiden Academy of Motion Picture Arts and Sciences kepada Littlefeather.

Dua pekan sebelum kematian Littlefeather, Academy juga secara khusus membuat acara bertema "An Evening with Sacheen Littlefeather" guna memberikan tribute kepadanya. Pada Ahad, Academy juga mencicit kutipan yang dibuat aktivis tentang warisannya.

"Ketika saya pergi, ingatlah bahwa setiap kali Anda memperjuangkan kebenaran, itu sama dengan meneruskan perjuangan saya, dan juga bangsa serta mereka yang masih hidup," bunyi kutipan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement