Senin 03 Oct 2022 19:37 WIB

Ingatkan Pentingnya Pencegahan, Psikolog: Anak Bisa Depresi Jika Alami Pelecehan Seksual

Psikolog ingatkan orang tua-guru untuk mencegah anak jadi korban pelecehan seksual.

Anak-anak bermain bola di Taman Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/7/2022). Anak-anak harus diajarkan cara menjaga diri dan tubuhnya untuk meminimalisasi risiko pelecehan seksual.
Foto:

Jika tidak ditangani dengan cepat, trauma itu akan membekas sampai dewasa. Anak bisa mengalami ketakutan tanpa sebab.

"Atau dia nggak pede dan jadi tertutup dan setelah dibongkar peristiwa masa kecilnya, pernah mengalami pelecehan atau kekerasan seksual," ucap Yulistin.

Mantan uskup agung Dili, Carlos Filipe Ximenes Belo dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak laki-laki di bawah umur. Salah seorang korban sekarang berusia 42 tahun mengatakan, uskup pernah meminta tindakan seksual dengan imbalan uang ketika dia masih remaja.

Tuduhan tentang kejahatan masa lalu uskup, dikatakan telah dilakukan terhadap remaja laki-laki yang rentan, termasuk para seminaris, telah beredar di kalangan Gereja di Portugal selama bertahun-tahun, tetapi tidak pernah terdengar sampai ke media. Menurut media berita De Groene Amsterdammer, uskup Ximenes Belo berada di bawah pembatasan perjalanan yang diberlakukan Vatikan dan tidak dapat kembali ke Timor Timur tanpa izin.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement