Senin 03 Oct 2022 01:00 WIB

Minuman Herbal Penurun Kolesterol, Gampang Diracik!

Mudah dibuat di rumah, minuman herbal ini bisa bantu turunkan kolesterol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bawang putih. Minuman herbal yang terbuat dari bawang putih, jahe, lemon, madu, dan cuka sari apel tampak bisa membantu menurunkan kolesterol.
Foto:

Kolesterol LDL juga dikenal sebagai kolesterol "jahat". Kadar kolesterol LDL yang tinggi bisa memicu terjadinya penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Seiring waktu, penumpukan plak tersebut bisa membuat rongga pembuluh darah jadi penyempit.

"Ada perubahan positif pada kesehatan dan persepsi emosional subjek setelah mengonsumsi minuman campuran herbal," kata tim peneliti.

photo
Tanda kolesterol tinggi dapat terlihat di kaki. - (Republika)

Seperti diketahui, ada beragam faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kadar kolesterol tinggi. Salah satu faktor utama yang berkontribusi adalah konsumsi terlalu banyak makanan berlemak.

Beberapa kebiasaan lain seperti kurang olahraga, minum alkohol, dan merokok juga berkaitan dengan kolesterol tinggi. Di sisi lain, malasah kolesterol tinggi juga dapat didorong oleh faktor genetik yang diturunkan.

Selain mengonsumsi obat penurun kolesterol, National Health Service di Inggris juga merekomendasikan modifikasi gaya hidup. Beberapa modifikasi yang dianjurkan adalah memperbanyak olahraga, mengurangi konsumsi lemak jenuh, berhenti merokok, dan membatasi konsumsi alkohol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement