Kamis 29 Sep 2022 22:39 WIB

Penyakit Jantung Serang Warga Kelas Bawah Hingga Atas, Gaya Hidup Seperti Apa Pemicunya?

Perubahan gaya hidup masyarakat memicu serangan jantung.

Nyeri dada (ilustrasi). Nyeri dada merupakan salah satu gejala serangan jantung. Gaya hidup tidak sehat bisa memicu serangan jantung.
Foto:

Oleh karenanya, pada peringatan Hari Jantung Sedunia tanggal 29 September 2022, dr Rusdiani memberikan sejumlah tips pola hidup sehat kepada masyarakat, khususnya di Provinsi Kepri guna mencegah sakit jantung. Di antaranya, cukup gizi, olahraga teratur, jangan kurang tidur/istirahat, dan menjaga makan dengan baik.

photo
Infografis Diet untuk Jantung Sehat - (republika.co.id)

Dr Rusdiani mengimbau masyarakat menghindari rokok dan minum-minuman keras. Juga tak kalah penting adalah jangan sampai stres, misalnya dengan pekerjaan sehari-hari.

"Stres juga salah satu pemicu utama penyakit jantung," ucapnya.

Lebih lanjut, dr Rusdiani menjelaskan penyakit jantung ditambah kencing manis ialah dua jenis penyakit yang paling dominan dibiayai oleh pelayanan BPJS Kesehatan. Dia menyebut Provinsi Kepri saat ini juga telah memiliki layanan kesehatan penyakit jantung yang tersebar di Rumah Sakit Otorita Batam, Awal Bross, Embung Fatimah, dan RSUP Kepri di Tanjungpinang.

"Misalnya, pasang ring jantung, sudah bisa dilakukan di Provinsi Kepri. Jadi, masyarakat tak perlu lagi ke luar daerah," kata Rusdiani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement