Rabu 28 Sep 2022 04:15 WIB

Latihan Pernapasan Bisa Turunkan Tekanan Darah, Prinsipnya Mirip Kuatkan Otot Pakai Dumbel

Latihan pernapasan high-resistance bisa bantu turunkan tekanan darah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Latihan pernapasan (Ilustrasi). Latihan kekuatan otot pernapasan high-resistance dapat bantu turunkan tekanan darah.
Foto:

Meskipun sepertinya ini pendekatan yang aman, studi lebih lanjut diperlukan guna menentukan seberapa efektif teknik itu dan siapa kandidat yang ideal untuk melakukannya. Orang yang sedang menjalani pengobatan tekanan darah tinggi,sebaiknya tidak menghentikan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

"Saya tidak berpikir itu akan menjadi perbaikan ajaib dengan sendirinya," ujar Craighead dari University of Colorado Boulder.

Penurunan tekanan darah sistolik tidak akan cukup untuk sepenuhnya mengontrol tekanan darah pada orang yang bukan pengidap hipertensi ringan. "Namun, sejauh ini kami telah melihat bahwa itu efektif pada orang yang sudah menggunakan obat antihipertensi. Jadi ini bisa menjadi terapi 'tambahan' yang bagus untuk obat-obatan."

Bagaimana cara kerja latihan pernapasan?

Sel-sel endotel menutupi lapisan pembuluh darah. Pada gilirannya, sel ini membantu menghasilkan senyawa kunci yang melindungi jantung yang disebut oksida nitrat, menurut Cleveland Clinic.

Oksida nitrat memperlebar pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah yang sehat. Studi ini menemukan bahwa enam pekan latihan kekuatan otot pernapasan meningkatkan fungsi endotel sekitar 45 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement