Rabu 28 Sep 2022 04:01 WIB

Konsumsi Protein Whey Bisa Turunkan Kolesterol Secara Signifikan

Konsumsi protein whey tampak bisa menurunkan kadar kolesterol 'jahat' atau LDL.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bubuk protein whey (ilustrasi). Minuman protein whey dapat menurunkan kolesterol secara signifikan.
Foto: Flickr
Bubuk protein whey (ilustrasi). Minuman protein whey dapat menurunkan kolesterol secara signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Whey merupakan jenis protein yang dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Salah satu manfaat protein whey yang mungkin jarang diketahui adalah bisa menurunkan kadar kolesterol.

Seperti dilansir WebMD, Selasa (27/9/2022), protein whey merupakan cairan susu yang terpisah dari dadih dalam proses pembuatan keju. Manfaat protein whey dalam menurunkan kadar kolesterol diungkapkan oleh sebuah studi pada jurnal Lipids in Health and Disease.

Baca Juga

Studi ini melibatkan pasien dengan sindrom metabolik sebagai partisipan. Selama studi berlangsung, para partisipan diminta untuk mengonsumsi yoghurt yang sudah difortifikasi dengan protein whey. Konsumsi protein whey ini berlangsung selama 10 pekan.

Dari percobaan tersebut, tim peneliti menemukan bahwa konsumsi protein whey bisa menurunkan kadar kolesterol "jahat" atau LDL serta meningkatkan kadar kolesterol "baik" atau HDL. Tim peneliti juga mendapati bahwa protein whey bisa menurunkan kadar trigliserida dan resistensi insulin secara signifikan.

 

Pada pasien gemuk dan obesitas, pemberian protein whey terlihat mampu memperbaiki beragam faktor risiko penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah sistolik dan diastolik, gula darah puasa, hingga kadar kolesterol. Akan tetapi, pemberian protein whey tak memengaruhi parameter metabolik lain.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement