Selasa 27 Sep 2022 21:19 WIB

ISPA Marak Saat Musim Pancaroba, Dokter: Ajarkan Anak Etika Bersin dan Batuk

Cegah penularan ISPA dengan mempraktikkan etika batuk dan bersin.

Anak sakit (Ilustrasi). Ketika anak batuk dan bersin, percikan liurnya dapat menyebarkan virus. Ajarkan etika batuk dan bersin kepada anak.
Foto:

Ini merupakan upaya untuk mencegah nyamuk berkembang biak. Penyakit lainnya yang dapat terjadi di tengah perubahan iklim adalah penyakit saluran cerna seperti diare yang disebabkan kurangnya air bersih.

Untuk mengantisipasinya, berikan air susu ibu (ASI) eksklusif selama enam bulan demi imunitas anak. Lalu, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah makan.

Penting juga untuk mencuci tangan hingga bersih sesudah buang air kecil dan buang air besar. Dr Anggra juga mengingatkan untuk mengonsumsi makanan matang yang higienis dan menggunakan jamban sehat.

Dr Anggra mengatakan orang tua harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker yang sesuai, menjaga jarak di tempat umum, menghindari berkumpul di tempat umum. Anak-anak juga perlu mendapatkan imunisasi secara rutin.

"Imunisasi berfungsi untuk mencegah terjadinya kondisi kritis apabila terjadi infeksi, mari kita cegah penyakit tersebut ke anak-anak kita," ujar dr Anggra.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement