Kamis 22 Sep 2022 01:37 WIB

Faktor Ini Jadi Penentu Keberhasilan Diet Pengidap Diabetes Tipe 2

Sebagian pengidap diabetes tipe dua kesulitan menurunkan berat badannya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Menimbang berat badan (ilustrasi). Pengidap diabetes tipe 2 sebagian kesulitan menurunkan berat badannya.
Foto:

Peneliti lain, Jennifer Logue, menyampaikan bahwa perlu ada tinjauan kembali terhadap peserta yang belum berhasil menurunkan 0,5 persen berat badan dalam satu bulan awal program. Mengetahui penyebabnya akan membuat perbedaan.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Profesor kedokteran metabolik di Lancaster University yang kini bekerja untuk AstraZeneca itu menduga masalahnya mungkin sesuatu yang bisa diubah. Misalnya, peserta tidak memahami mekanisme diet, punya masalah mengatur nafsu makan, atau memerlukan waktu lebih.

"Mereka mungkin mengalami beberapa tekanan lain," ujar Logue.

Amy E Rothberg yang tidak terlibat dalam studi mengaku terkejut dengan ambang batas 0,5 persen yang terungkap dalam penelitian tersebut. Namun, kelompok studinya di Michigan, Amerika Serikat, juga menunjukkan bahwa penurunan berat badan dini adalah prediktor kesuksesan penurunan berat badan jangka pendek dan jangka panjang.

Rothberg merupakan direktur program manajemen berat badan dan pengobatan Michigan di Ann Arbor. "Saya pikir mereka yang mengidap diabetes dan sedang mengonsumsi obat-obatan seperti insulin mungkin akan sedikit lebih sulit untuk menurunkan berat badan, namun mereka tetap dapat melakukannya," ucap Rothberg, dikutip dari laman WebMD, Rabu (21/9/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement