Rabu 21 Sep 2022 09:47 WIB

Penyintas Berisiko Alami Masalah Jantung Walaupun Cuma Bergejala Ringan Saat Kena Covid-19

Makin banyak orang yang mengalami masalah jantung setelah pulih dari Covid-19.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri dada (Ilustrasi). Gejala umum long Covid meliputi nyeri dada, sulit bernapas, nyeri otot, kehilangan indra perasa dan penciuman, serta rasa lelah. Penyintas Covid-19 memiliki risiko mengembangkan masalah jantung.
Foto:

Tim Prof Berry menemukan bahwa pasien yang sebelumnya sehat dan tanpa penyakit kronis mengembangkan penyakit parah sepulang dari rumah sakit. Miokarditis termasuk salah satu keluhan kesehatannya.

"Penyebab kondisi ini belum diketahui, bisa saja orang sehat yang diopname memiliki gejala Covid-19 yang lebih parah daripada orang yang punya masalah kesehatan lain yang dirawat di rumah sakit," ujar Prof Berry.

Di AS, sebuah penelitian terhadap 150 ribu orang menemukan bahwa komplikasi jantung bahkan dapat terjadi pada mereka yang telah pulih dari infeksi ringan. Makalah lain yang diterbitkan oleh BMJ pada Maret tahun ini juga menemukan bahwa mereka yang dirawat di rumah sakit, tiga kali lebih mungkin berakhir di rumah sakit dengan masalah jantung utama dalam waktu delapan bulan setelah dibawa ke rumah sakit.

Dalam kasus jangka panjang, miokarditis dapat mempengaruhi otot dan jaringan jantung, menurut British Heart Foundation. Kondisi itu dapat menyebabkan gagal jantung atau bahkan transplantasi organ.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement