Rabu 21 Sep 2022 06:53 WIB

Jenis Roti Ini Bisa Tampak Bisa Turunkan Kolesterol Jahat dalam Empat Pekan

Dibandingkan roti putih, roti yang satu ini dinilai lebih menyehatkan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Roti tawar (ilustrasi). Roti kentang dinilai lebih ramah untuk penderita kolesterol tinggi dibandingkan roti putih.
Foto:

Para peserta penelitian juga mengalami penurunan rata-rata indeks massa tubuh (BMI) sebesar -0,2 kg/m2. Meskipun hasilnya menjanjikan, ada satu batasan penting dengan penelitian yang bahkan diakui oleh penulis.

Mereka menjelaskan bahwa durasi asupannya pendek, hanya empat pekan. Artinya, itu tidak menunjukkan bahwa konsumsi jangka panjang akan bermanfaat.

Namun, sebuah penelitian jangka panjang terhadap kentang yang mengamati lebih dari 64.227 wanita di China menemukan bahwa mereka yang banyak makan kentang memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah sebesar 28 persen. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi makanan berbasis kentang dalam jangka panjang bisa menjadi sehat.

National Health Service (NHS) di Inggris menyarankan konsumsi roti, nasi merah, dan pasta untuk menurunkan kolesterol. NHS juga merekomendasikan makan ikan berminyak, seperti makarel dan salmon, serta buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Di sisi lain, NHS juga menyarankan untuk mengurangi asupan konsumsi pai daging, sosis, dan daging berlemak. NHS juga mengingatkan untuk mengurangi asupan kue dan biskuit, mentega, lemak babi, dan ghee, serta krim dan keju keras seperti keju cheddar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement