Ahad 18 Sep 2022 23:50 WIB

Asupan Garam Harian Berkurang Satu Gram, Ini Manfaat Besarnya

Ada manfaat besar dari mengurangi asupan garam harian.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Garam. Menaburkan garam tambahan ke dalam makanan dapat membuat cita rasa makan menjadi lebih nikmat. Namun, kebiasaan yang tampak lumrah ini ternyata bisa memperpendek harapan hidup. (ilustrasi)
Foto:

Pemodelan studi menunjukkan bahwa mengurangi asupan garam sebesar satu gram dapat menurunkan risiko penyakit jantung iskemik sebesar empat persen dan risiko strok sebesar enam persen. Para penulis mengatakan jika semua orang mempertahankan pengurangan satu gram ini hingga 2030, maka sembilan juta kasus penyakit kardiovaskular dapat dicegah.

Mereka memperkirakan bahwa empat juta dari kasus tersebut akan berakibat fatal. Pengurangan satu gram garam dapat menyelamatkan empat juta nyawa di China pada 2030.

Meskipun penelitian ini masih memiliki keterbatasan, mereka mengatakan setidaknya dengan melakukan itu pun juga dapat memberikan kebaikan bagi tubuh. Jika tertarik untuk mengurangi asupan garam, Anda dapat memulainya dengan memperhatikan kandungan natrium dalam makanan yang dikonsumsi dengan mengecek label nutrisinya.

Jika melihat kandungan natriumnya tinggi, cobalah untuk menghindari makanan itu. Sebagai alternatifnya, pilih makanan dengan kandungan garam yang lebih rendah untuk sisa hari itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement