Ahad 18 Sep 2022 23:25 WIB

Banyak Tikus di Rumah? Coba Usir dengan 4 Cara Ini

Masuk rumah, tikus dapat menyebabkan kerusakan, bahkan membawa penyakit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Hama tikus (ilustrasi). Ada beberapa aroma kuat yang bisa dipakai untuk mengusir tikus dari rumah.
Foto:

Pasir kucing

Punya kucing peliharaan? Menyerokkan pasir tempat kucing buang kotoran dan memasukkannya ke dalam stoples tampaknya sangat efektif untuk mengusir tikus.

Para ahli mengatakan sudah diketahui bahwa kucing adalah pemangsa alami tikus. Tikus akan menjadi belingsatan ketika mencurigai ada kucing yang tinggal di rumah.

Tempatkan stoples berisi pasir kucing di dekat titik yang dicurigai di sebagai tempat masuk tikus ke rumah. Tikus dijamin tidak akan kembali.

Syaratnya, jangan pakai pasir wangi. Alasan menggunakan pasir kucing yang tidak diberi wewangian adalah agar aromanya tidak menutupi bau urine kucing.

Cuka sari apel

Seperti disebutkan sebelumnya, tikus membenci aroma kuat karena indra penciumannya yang sangat sensitif. Cuka sari apel mungkin merupakan aroma terkuat, terutama jika dibiarkan murni.

Aroma asam yang kuat ini bagus untuk mengusir banyak hama, tidak terkecuali tikus. Bagi yang tidak tahan dengan bau cuka, coba encerkan dengan air.

Larutan cuka sari apel masih akan berpengaruh pada tikus. Pakar hama menyarankan untuk menyemprotkan larutan ini di sekeliling rumah serta di setiap titik akses di dalamnya. Pastikan untuk menyemprotkannya kembali dalam sebulan sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement