Ahad 18 Sep 2022 20:30 WIB

Kebiasaan Makan Seperti Apa yang Bikin Orang Rentan Kena Pradiabetes?

Pradiabetes yang tidak ditangani dapat berubah menjadi diabetes tipe 2.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan (ilustrasi). Pekerja shift malam yang makan di malam hari tampak mengalami intoleransi glukosa, kondisi pradiabetes.
Foto:

Sheer mengatakan bahwa hasil studi ini menunjukkan, waktu makan bertanggung jawab atas efek yang dilaporkan pada toleransi glukosa dan fungsi sel beta. Hal ini mungkin dipicu ketidakselarasan sirkasidan dan periferal di seluruh tubuh.

Penelitian terdahulu juga telah mendukung hubungan antara masalah kadar gula darah dan makan di malam hari. Sebuah studi observasional menemukan bahwa orang yang tidur di siang hari dan makan di malam hari memiliki risiko 60 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Meskipun tidak semua orang bekerja shift malam, para peneliti mengindikasikan bahwa orang yang mengalami jet lag atau begadang di akhir pekan dan makan saat larut malam dapat terpengaruh. Ada beberapa gejala umum untuk kondisi pradiabetes.

Gejalanya termasuk sering ingin kencing, sering merasa kelelahan, dan kehilangan berat badan tanpa sebab. Gatal pada alat kelamin dan selalu merasa haus juga merupakan tanda-tanda pradiabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement