Rabu 14 Sep 2022 20:58 WIB

Jalan Cepat Pangkas Risiko Penyakit Jantung, Berapa Langkah per Menit Rekomendasinya?

Aktivitas fisik seperti berjalan cepat dapat mencegah penyakit jantung.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Jalan kaki (ilustrasi). Jalan cepat dapat pangkas risiko penyakit jantung.
Foto:

Walaupun penelitian ini menunjukkan hubungan yang menjanjikan antara risiko penyakit jantung yang lebih rendah dan berjalan cepat, penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Rekan penulis utama dr Matthew Ahmadi mengatakan penelitian lanjutan dengan penggunaan pelacak jangka panjang akan menjelaskan lebih banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan tingkat dan intensitas tertentu dari langkah harian.

Meskipun berjalan bisa menjadi langkah pertama dalam mengurangi risiko masalah kardiovaskular, ada berbagai perubahan gaya hidup lain yang juga efektif. Diet sehat yang dikemas dengan buah dan sayuran segar berwarna-warni juga dapat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular Anda.

National Health Services (NHS) di Inggris mengingatkan untuk mengurangi garam dan lemak jenuh karena kedua bahan ini dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan kolesterol Anda. Keduanya dianggap sebagai prekursor penyakit jantung. Intervensi lain yang juga dapat membantu termasuk berhenti merokok dan mengurangi alkohol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement