Rabu 14 Sep 2022 07:27 WIB

Tangan Anda Sering Kebas-Kesemutan? Waspadai Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Aktivitas sehari-hari juga dapat memicu carpal tunnel syndrome.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Memakai sarung tangan (Ilustrasi). Pemakaian sarung tangan yang terlalu sempit, mengetik, memakai mouse secara berulang dalam waktu lama dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome.
Foto:

Gejala

Ada beberapa gejala yang bisa dialami ketika terjadi gangguan pada kanal carpal. Yang paling utama adalah mati rasa atau kesemutan pada ibu jari (bisa juga disertai dengan rasa tersayat, tertusuk, atau terbakar pada jari telunjuk dan tengah serta setengah atau seluruh jari manis.

Gejala yang timbul akibat CTS dapat dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahap awal, penderita akan sering terbangun di malam hari karena merasa kebas, kesemutan, tersayat, terbakar, dan rasa "penuh" atau bengkak pada tangan, padahal tidak ada pembengkakan.

"Biasanya, rasa nyeri akan hilang setelah mengibaskan tangan," kata dr Oryza.

Pada tahap kedua, rasa kebas atau kesemutan muncul pada siang hari atau sepanjang hari, terutama saat melakukan aktivitas yang melibatkan pergelangan tangan. Pada tahap ini, kekuatan tangan bisa berkurang hingga benda yang sedang dipegang bisa terjatuh.

"Jika terus berlanjut, penderita akan mengalami rasa kebas yang menetap dan ibu jari menjadi lemah akibat menipisnya jaringan otot (atrofi)," jelas dr Oryza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement