Kamis 01 Sep 2022 19:01 WIB

Imunisasi Lengkap Sangat Penting untuk Cegah Stunting

Salah satu penyebab stunting ialah penyakit kronis.

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin campak kepada murid kelas satu saat bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) di SDN Sukareja, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/8/2022). Anak yang gampang sakit karena tidak menerima imunisasi lengkap akan mengalami gangguan nutrisi karena nafsu makannya terganggu. Mereka berisiko stunting.
Foto:

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menggaungkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sebagai upaya meningkatkan cakupan imunisasi. Ia menegaskan kembali bahwa imunisasi sangat penting untuk menghindari Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

"Misalnya saya ambil contoh difteri. Difteri itu adalah sebuah penyakit saluran pernapasan yang kalau anak tertular difteri, saluran napasnya tersumbat oleh selaput putih," jelas Piprim.

Piprim mengatakan, kematian akibat difteri juga cukup tinggi yakni bisa mencapai 20 persen. Fakta inilah yang kadang tidak disadari oleh masyarakat.

"BIAN ini kan gratis nih, silakan orang tua berbondong-bondong baik ke puskesmas atau posyandu supaya anak-anak kita kembali mengejar lagi ketertinggalan imunisasinya," kata Piprim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement