Selasa 30 Aug 2022 16:50 WIB

5 Suplemen dan Obat yang Perlu Dihindari Setelah Pukul 18.00

Waktu mengonsumsi suplemen dan obat juga dapat membawa pengaruh tertentu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Aneka jenis suplemen (Ilustrasi). Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen dan obat.
Foto:

3. Glukosamin dan kondroitin

Beberapa orang menggunakan glukosamin dan kondroitin bersama-sama untuk mengatasi nyeri sendi dan peradangan. Dr Hascalovici mengatakan

kedua suplemen tersebut adalah komponen tulang rawan, dan mungkin bisa membantu memperlambat kerusakan tulang rawan pada persendian.

Efek samping dari suplemen ini bisa berupa insomnia serta sakit kepala yang bisa membuat sulit tidur. Jika mengonsumsi suplemen ini, pertimbangkan untuk meminumnya di pagi hari.

4. Multivitamin

Dr Hascalovici menyatakan, banyak orang semakin berminat mengonsumsi beragam jenis multivitamin. Beberapa multivitamin mengandung kafein, teh hijau, atau zat lain yang dimaksudkan untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan.

Inilah yang menyebabkannya kurang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Jika mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi, maka orang mungkin tidak memerlukan multivitamin sama sekali atau mungkin hanya mendapat manfaat dari vitamin atau mineral tertentu.

Jadi, jika mengonsumsi multivitamin, pilih yang yang berkualitas. Cobalah untuk menghindari zat aditif serta pastikan memakannya di pagi hari.

5. SSRI

Dr Hascalovici mengatakan, selective serotonin-reuptake inhibitor (SSRI) terkadang membuat orang terjaga di malam hari. Untuk beberapa pasien, suplemen yag sering kali diresepkan untuk depresi dan terkadang untuk manajemen nyeri ini dikaitkan dengan agitasi dan gangguan tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement