Selasa 30 Aug 2022 00:30 WIB

Hindari Lonjakan Gula Darah, Makan Serat Dulu Baru Protein, Lemak, dan Karbohidrat

Makanan memainkan peran besar dalam mengendalikan gula darah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Bijaksana dalam memilih menu makanan. Makanan memainkan peran besar dalam mengendalikan diabetes.
Foto:

Untuk pengidap diabetes, target kadar gula darah adalah 72 mg/dl sampai 126 mg/dl sebelum makan. Kadar glukosa darah harus di bawah 162 mg/dl untuk penderita diabetes tipe 1, dan di bawah 153 mg/dl untuk penderita diabetes tipe 2 setelah makan.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 termasuk jika Anda berusia di atas 40 (atau 25 untuk orang Asia Selatan) dan memiliki kerabat dekat dengan diabetes (seperti orang tua, saudara laki-laki atau perempuan). Tidak seperti diabetes tipe 2, belum diketahui apa sebenarnya penyebab diabetes tipe 1.

Gejala umum dari kedua jenis dapat meliputi kencing lebih dari biasanya, terutama di malam hari, merasa haus sepanjang waktu, merasa sangat lelah, menurunkan berat badan tanpa berusaha, gatal di sekitar alat kelamin, atau sariawan berulang kali, luka atau luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh serta penglihatan kabur. National Health Services (NHS) di Inggris menyarankan untuk menemui dokter umum jika Anda melihat tanda-tanda tersebut dan menjalani tes darah untuk menentukan apakah Anda menderita diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement