Kamis 25 Aug 2022 18:50 WIB

Psikolog: Jangan Terpengaruh Tuntutan Orang Sekitar Saat Asuh Anak

Orang tua bisa kena parental burnout jika terus menerus stres ikuti tuntutan sekitar.

Ibu dan bayinya (Ilustrasi). Dalam mengasuh, orang tua sebaiknya tidak terlalu banyak mengikuti tuntutan masyarakat mengenai tumbuh kembang anak.
Foto:

Jika cinta dari orang tua tidak terpenuhi, menurut Putu, anak akan cenderung mencari cara agar dirinya merasa diakui oleh lingkungan sekitarnya. Tak jarang, dia juga menjadi anak yang kerap melakukan masalah.

"Misalnya anaknya caper, ada masalah di sekolah, dan sebagainya. Ya dia pikir aku lagi ngerasa enggak didengar nih, ya udah deh banting sesuatu supaya dilihat. Itu cara mereka, karena regulasi emosi anak kan belum matang," tutur Putu.

Selain itu, lanjut Putu, penting juga bagi orang tua untuk memastikan bahwa kebutuhan terpenuhi, baik kebutuhan anak maupun orang tuanya. Hanya saja, menurut dia, orang tua kadang melupakan hal ini karena banyaknya tuntutan dari lingkungan sekitarnya.

"Dari kita mau start jadi bunda aja, saat hamil, dari lingkungan itu pesannya jangan ini, jangan itu, harus ini harus itu. Jadi kita harus mengorbankan diri kita," ujar Putu.

"(Stress release) juga penting banget, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk keluarga kita, Saat kita release, ke anak juga akan lebih santai, lebih rileks, dan lebih happy," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement