Kamis 25 Aug 2022 15:19 WIB

Orang Tiba-Tiba Jadi Egois dan Pelit? Bisa Jadi Dia Kurang Tidur

Kurang tidur satu jam saja sudah dapat memengaruhi kemurahan hati seseorang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Susah tidur (Ilustrasi). Kurang tidur dapat memengaruhi fungsi sosial orang, membuatnya lebih egois dan kikir.
Foto:

Hasilnya menemukan bahwa mereka yang kurang tidur 7,5 persen lebih kecil kemungkinannya untuk membantu orang asing atau bahkan teman dibandingkan ketika mereka tidur cukup. Studi juga menemukan tiga dari empat orang (78 persen) mengalami penurunan keinginan dalam membantu.

"Kekurangan hanya satu jam tidur sudah cukup untuk membuat semua orang kurang bermurah hati dengan uang mereka," kata para ilmuwan.

photo
Tips buat yang lagi susah tidur. - (Republika)

Pemindaian MRI mengungkapkan lebih sedikit aktivitas di bagian otak yang disebut jaringan kognisi sosial ketika seseorang lelah dapat membuat mereka lebih kejam. Dr Liz Halstead, dari departemen Psikologi dan Pengembangan Manusia di University College London yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan studi ini benar-benar menunjukkan betapa pentingnya tidur dalam fungsi sosial manusia.

Halstead menyebut kurang tidur dapat memengaruhi suasana hati, memori, dan kemampuan membuat keputusan sehingga dapat berdampak besar pada orang-orang. Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen orang tidak mendapatkan jumlah tidur yang tepat untuk mereka.

"Itu akan memiliki implikasi besar untuk interaksi mereka dengan orang lain," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement