Rabu 24 Aug 2022 10:33 WIB

Harga Bahan Kebutuhan Melejit, Ikuti Tips Ini Biar Hemat

Ada beberapa manfaat untuk membuat perencanaan sebelum berbelanja

Rep: Mg136/ Red: Gita Amanda
Belanja bulanan (ilustrasi). Ada beberapa manfaat untuk membuat perencanaan sebelum berbelanja.
Foto: www.freepik.com
Belanja bulanan (ilustrasi). Ada beberapa manfaat untuk membuat perencanaan sebelum berbelanja.

REPUBLIKA.CO.ID, Harga beberapa kebutuhan telah meningkat secara drastis. Jurnalis keuangan Andy Webb menawarkan saran terbaiknya untuk mengurangi biaya bahan makanan sehubungan dengan meningkatnya biaya hidup akibat krisis.

Dilansir laman Reader Digest, ada beberapa tips menghemat pengeluaran:

Baca Juga

1. Rencanakan apa yang perlu dibeli

Ada beberapa manfaat untuk membuat perencanaan sebelum berbelanja, yang pertama adalah bahwa perencanaan makan dimana ini merupakan metode yang baik untuk memastikan Anda memiliki makanan yang cukup.

Periksa apa yang Anda miliki saat ini, ini diperlukan untuk mengurangi pembelian yang tidak perlu. Strategi Anda kemudian berkembang menjadi daftar belanja, ini akan membantu untuk menghindari penawaran dan harga "khusus" yang dapat memikat Anda untuk membelanjakan lebih banyak uang daripada yang Anda inginkan.

Selain itu, membeli secara online merupakan cara yang efisien dan dapat menghindari Anda dari strategi marketing yang dirancang untuk mendorong membeli tambahan atau merek tertentu.

2. Ubah pembelian Anda

Cari produk dengan merek kualitas yang baik, namun memiliki harga yang lebih murah. Ini merupakan opsi yang dapat digunakan untuk mengurangi biaya yang cukup signifikan dalam belanja.

Selain itu Anda juga dapat beralih ke kemasan (ukuran) atau merek yang berbeda, dimana ini dapat menghemat biaya dengan melihat harga per gram atau per liter. Terakhir adalah membandingkan harga dengan cara melihat harga barang yang sama di tempat lain dengan harga lebih murah.

3. Manfaatkan diskon dan penawaran

Penawaran khusus bisa sangat bermanfaat, namun hal ini perlu diperhatikan. Banyak, seperti Beli-Satu-Dapat-Satu-Gratis, dibuat untuk mendorong kita membeli lebih dari yang sebenarnya kita butuhkan.

Tetapi membeli dalam jumlah besar saat sedang obral akan menghemat uang jika Anda yakin akan menggunakannya. Untuk barang-barang yang tidak mudah rusak atau kebutuhan sehari-hari.

Kemudian manfaatkan diskon, ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi biaya belanja. Namun, jika yang dibeli merupakan produk makanan, maka perlu diperhatikan tanggal kedaluwarsa dari produk tersebut.

Kupon atau cashback yang sering ditemukan di aplikasi akan memberi Anda uang kembali saat Anda membeli barang tertentu. Ini merupakan cara lain untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Hindari pemborosan makanan

Kita seringkali lupa memiliki sesuatu dan terkadang terlambat mengetahui bahwa itu telah kedaluwarsa sebelum dapat menggunakannya. Makan langsung atau bekukan makanan yang tersisa dengan tujuan mengawetkannya merupakan hal yang penting untuk menghindari pemborosan makanan.

Dalam hal ini freezer adalah pilihan terbaik untuk mengawetkan makanan dengan cara pembekuan. Di sisi lain, "baik digunakan sebelum" hanyalah tolok ukur kualitas produk. Bahkan jika mereka mungkin tidak dalam kondisi terbaiknya setelah tanggal kedaluwarsa, produk yang telah disimpan dengan benar masih aman untuk dimakan. Karena itu, jangan membuang makanan dengan bungkusan yang masih baik atau terbuat dari kaleng hanya karena sudah "kedaluwarsa".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement