Kamis 21 Jul 2016 15:36 WIB

Enam Tips Berbelanja Sesuai Anggaran

Belanja di supermarket
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Belanja di supermarket

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan bulanan, kita wajib untuk memenuhinya dengan belanja. Saat belanja terkadang apa yang dibutuhkan sebelum pergi berbelanja, akan berbeda dengan apa yang sebenarnya dibelanjakan. Hal ini bisa terjadi karena kita tidak membuat catatan khusus mengenai apa yang sebenarnya dibutuhkan. Jika sudah begitu, anggaran belanja juga menjadi bertambah dan jika dilakukan secara berulang, ini bisa menjadikan kita lebih boros.

Sebelum belanja, ada baiknya Anda mempersiapkan semuanya, mulai dari daftar belanjaan hingga dana yang akan dikeluarkan untuk belanja. Namun, sebagian orang rupanya merasa hal tersebut cukup rumit dan terlalu hitung-hitungan. Belajar berhemat bukan perkara hitung-hitungan saja, namun kita bisa belajar untuk lebih menyayangi kondisi keuangan kita, mengingat kebutuhan kita bukan hanya saat belanja saja, tapi juga ada pengeluaran lain yang juga penting.

Berikut ini ada beberapa tips belanja yang sesuai dengan anggaran, yang bisa anda aplikasikan dalam keseharian.

Membuat Daftar Belanjaan

Seperti sudah disinggung di atas, bahwa membuat catatan belanjaan saat hendak berbelanja itu penting. Buatlah daftar belanjaan yang memang benar-benar dibutuhkan dari A-Z nya. Jika saat berbelanja, Anda menemukan hal lain yang tidak ada di daftar, sebaiknya tidak dibeli. Biasanya hal lain yang membuat tertarik di daftar belanja adalah produk makanan dan pakaian. Untuk membeli makanan lain dan pakaian, usahakan menggunakan anggaran khusus yang juga sudah disiapkan di luar anggaran untuk belanja.

Lebih Baik Belanja Sendiri

Belanja sendiri sepertinya lebih asik dan bisa lebih hemat. Berbeda dengan belanja mengajak keponakan atau juga mengajak anak kita sendiri. biasanya mereka akan minta jajanan yang tidak cukup satu buah saja. Belum lagi jika memiliki adik, tidak mungkin jika hanya membelikan jajanan untuk kakaknya saja. Jika berniat untuk berbelanja dengan cepat dan sesuai anggaran, pergilah belanja sendiri saja.

Membeli Barang Bermerek

Membeli barang bermerek memang menguntungkan kita sebagai konsumen. Selain kualitasnya juga bagus, saat memakainya juga kita akan terlihat lebih berbeda. Sesekali membeli produk bermerek memang tidak ada salahnya, asalkan tetap sesuai dengan budget anda. Namun, anda juga harus melek terhadap merek lain yang  juga memiliki kualitas yang lumayan baik. Dengan begitu, bisa lebih berhemat lagi.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement