Jumat 19 Aug 2022 05:00 WIB

Tanda Anda Pernah Kena Covid-19 tanpa Menyadarinya

Ada orang yang ken Covid-19 dan sembuh tanpa menyadarinya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria sedang menyeka hidungnya saat flu. Orang bisa kena Covid-19 tanpa menyadarinya. (ilustrasi).
Foto:

Kehilangan indra penciuman dan pengecap

Apabila makanan dan minuman terasa berbeda dari biasanya (atau tidak ada rasanya), atau tidak dapat mencium aroma apapun selama beberapa pekan, kemungkinan besar itu tanda infeksi corona. Hampir 80 persen orang yang dites positif memiliki masalah ini, dan biasanya merupakan tanda kasus ringan.

 

Tes Covid-19

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda mengidap Covid-19 atau tidak adalah dengan melakukan tes, untuk melihat apakah Anda memiliki antibodi yang melawan virus tersebut. Jika memilikinya, para ilmuwan tidak yakin seberapa baik mereka akan melindungi Anda dari infeksi ulang. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki antibodi tersebut cenderung tidak terkena Covid-19 lagi. Perubahan atau mutasi pada virus pun tampaknya tidak memengaruhi gejala yang ditimbulkannya atau tingkat keseriusan penyakit.  

Sepertinya, satu-satunya perbedaan adalah mutasi mengambil peran dalam kemudahan penularan virus dari satu orang ke orang lain. Tanda-tanda Covid-19 dalam mutasivirus terbaru yang ada saat ini sama dengan strain aslinya, dikutip dari laman WebMD, Kamis (18/8/2022).

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement