Kamis 18 Aug 2022 07:37 WIB

Delapan Jenis Kanker yang Terbanyak Serang Anak, Ada yang Bisa Mengusik Sejak Lahir

Kanker pada anak dapat terjadi sejak ia dilahirkan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Anak-anak penderita kanker bermain dan belajar didampingi guru di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Jakarta. Ada delapan jenis kanker yang banyak mengusik anak.
Foto:

6. Rhabdomyosarkoma

Ini adalah jenis kanker yang berasal dari jaringan otot. Angka kejadian tertingginya terpantau pada anak berusia dua sampai enam tahun dan rentang usia 15-19 tahun. Kanker ini lebih sering menyerang anak laki-laki.

7. Kanker sistem saraf pusat (SSP)

Jenis kanker ini paling sering didiagnosis pada anak berusia di bawah 15 tahun (65 kasus per satu juta anak). Apa gejalanya?

"Patut diwaspadai jika anak menunjukkan gejala gangguan penglihatan, kejang lokal, mengeluh sakit kepala hebat disertai muntah, serta ada gangguan mental menjadi gampang marah, perubahan perilaku, atau somnolen (seperti mengantuk)," kata dr Tito yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dan kini menjabat sebaga kepala instalasi pelayanan kanker terpadu di RSUD Al-Ihsan Bandung, Jawa Barat.

8. Osteosarkoma

Kanker ganas pada tulang ini kansnya tinggi terjadi pada anak laki-laki usia 16 tahun dan anak perempuan usia 12 tahun. Lokasi kanker tersering di ujung tulang paha, pangkal tulang lengan atas, dan pangkal tulang kering kaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement