Rabu 17 Aug 2022 15:37 WIB

Laal Singh Chaddha, Film Forrest Gump Versi India: Mengharukan!

'Laal Singh Chaddha' merupakan remake Forrest Gump, dibintangi Aamir Khan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aamir Khan memerankan Forrest Gump versi India dalam remake Bollywood, Laal Singh Chaddha.
Foto: Dok Paramount Pictures
Aamir Khan memerankan Forrest Gump versi India dalam remake Bollywood, Laal Singh Chaddha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aamir Khan Productions menghadirkan film Laal Singh Chaddha yang diadaptasi dari film peraih enam penghargaan Oscar, Forrest Gump. Apa yang membuat Laal Singh Chaddha istimewa?

Sinopsis

Baca Juga

Laal Singh Chaddha (Aamir Khan) lahir dengan keterbatasan intelektual dan juga fisik. Di masa kanak-kanak, Laal harus menggunakan penyangga kaki (leg braces) agar bisa berjalan dengan baik.

Keterbatasan yang membuat Laal tampak berbeda ini membuatnya kerap dirundung dan dijauhi oleh teman-teman sebayanya. Rupa D'souza (Kareena Kapoor Khan) merupakan anak pertama dan satu-satunya yang menjulurkan tangan untuk menjadi teman Laal.

 

Sejak saat itu, Rupa menjadi sosok yang istimewa di hati Laal. Rupa juga kerap menjadi alasan yang membuat Laal mampu melakukan berbagai hal luar biasa. Namun, dengan alasan yang tak bisa dipahami oleh Laal, sosok Rupa mulai menjauh dari hidupnya.

Totalitas aktor

Salah satu yang membuat Laal Singh Chaddha sayang untuk dilewatkan adalah performa para aktor dan aktris yang terlibat di dalamnya. Aamir Khan, misalnya, mampu menghadirkan sosok Laal sebagai pria dengan segudang perasaan, namun sedikit kata-kata dengan alami.

Memerankan karakter Laal juga cukup membebani dari segi fisik. Ada banyak adegan di mana Aamir Khan harus berlari, bahkan saat dia sedang mengalami cedera lutut. Oleh karena itu, bila dilihat dengan jeli, ada beberapa adegan di mana karakter Laal tampak berlari dengan sedikit tertatih.

Perbedaan yang menyegarkan

Dari segi latar tempat, kisah Forrest Gump melalui beberapa momen besar yang terjadi di Amerika Serikat pada abad ke-20, seperti perang Vietnam dan watergate. Sedangkan dalam film Laal Singh Chaddha, kisah Laal melalui beberapa momen besar yang terjadi di India pada abad ke-20, seperti Perang Kargil.

Selain itu, makanan yang menjadi ikon dalam film Forrest Gump adalah cokelat boks. Namun, film Laal Singh Chaddha mengganti cokelat boks tersebut menjadi jajanan kaki lima yang populer di India, yaitu golpagga.

Bila dibandingkan dengan karakter Jenny dalam film Forrest Gump, karakter Rupa dalam film Laal Singh Chaddha juga memiliki sedikit perbedaan. Karakter Rupa juga terasa lebih mudah untuk dipahami dibandingkan Jenny. Meski begitu, kedua karakter ini masih memiliki kesamaan, yaitu memiliki masa kecil yang suram dan ambisi yang besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement