Selasa 09 Aug 2022 14:40 WIB

Ciri Kanker Sudah Mengalami Metastasis Seperti yang Dialami Olivia Newton-John

Olivia Newton-John sudah 30 tahun berjuang melawan kanker metastasis.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Olivia Newton-John berpose dengan kostum ikonik yang dikenakannya di film Grease. Newton-John meninggal dunia pada Senin (8/8/2022).
Foto:

Kondisi ini juga dapat memengaruhi lelaki, tetapi masih sedikit kasus kanker payudara lelaki karena statistiknya tidak begitu jelas. Meskipun area penyebaran kanker yang paling umum termasuk tulang, paru-paru, otak, atau hati, bagian tubuh lainnya juga dapat terpengaruh. Dalam kasus Newton-John, ini adalah tulang punggungnya.
 
Kanker Payudara mencatat bahwa gejala penting kanker payudara metastasis juga dapat berbeda, tergantung pada lokasi kanker. Tanda dan gejala peringatan umum dapat mencakup:
 
- Sakit punggung, tulang, atau persendian yang tidak kunjung hilang
- Kesulitan buang air kecil (baik inkontinensia atau tidak bisa buang air kecil), yang bisa menjadi tanda bahwa kanker mencapit saraf di punggung
- Mati rasa atau kelemahan di mana saja di tubuh
- Batuk kering terus-menerus
- Sesak napas atau kesulitan bernapas
- Sakit dada
- Kehilangan selera makan
- Perut kembung, nyeri, atau nyeri tekan
- Mual, muntah, atau penurunan berat badan yang konstan
- Penyakit kuning (warna kuning pada kulit dan bagian putih mata)
- Sakit kepala parah
- Masalah penglihatan (penglihatan kabur, penglihatan ganda, kehilangan penglihatan)
- Kejang
- Kehilangan keseimbangan
- Kebingungan
 
Bagi mereka yang memiliki riwayat kanker payudara dan mengalami salah satu gejala di atas, dokter dapat merekomendasikan serangkaian tes untuk melihat apakah kanker telah kembali. Bagi mereka yang belum pernah menderita kanker payudara, tes juga dapat digunakan untuk menentukan apakah penyebabnya adalah kanker atau yang lainnya.
 
Untuk individu dengan stadium kankernya, perawatan yang sering digunakan termasuk terapi obat, namun pembedahan dan terapi radiasi juga dapat digunakan. Pengobatan seringkali dapat mengecilkan tumor (atau memperlambat pertumbuhannya), memperbaiki gejala, dan membantu beberapa perempuan hidup lebih lama, tetapi secara keseluruhan kanker ini dianggap tidak dapat disembuhkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement