Selasa 09 Aug 2022 14:22 WIB

Alami Vaskulitis, Ashton Kutcher Sempat Susah Melihat, Mendengar, dan Berjalan

Pendengaran, penglihatan, dan kemampuan berjalan Ashton Kutcher terpengaruh.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Ashton Kutcher mengidap vaskulitis, penyakit autoimun langka.
Foto:

Terlepas dari tingkat keparahannya, para ahli kesehatan mengatakan bahwa diagnosis dan pengobatan dini sangat penting untuk menghindari komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa. Ada sejumlah gejala umum yang bisa diwaspadai publik.

Daftar gejalanya yakni ruam kulit, kelelahan, demam, nyeri sendi, sakit perut, dan masalah ginjal (termasuk urine berwarna gelap atau berdarah). Pasien pun berpotensi mengalami masalah saraf seperti mati rasa dan nyeri.

Batuk dan/atau sesak napas juga kerap dialami pengidap vaskulitis. Gejala lain dapat terjadi, tergantung pada area tubuh yang terkena. Jika pembuluh darah kecil terpengaruh, bahkan pecah, bisa menghasilkan pendarahan di jaringan yang muncul sebagai titik merah atau ungu kecil pada kulit.

Para pakar juga mencatat nodul atau benjolan mungkin terlihat di kulit ketika pembuluh darah yang lebih besar dekat permukaan kulit meradang. Dokter mendiagnosis vaskulitis berdasarkan gejala, riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, dan tes laboratorium. Pemindaian pembuluh darah dan jantung serta biopsi jaringan juga dapat dilakukan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement