Jumat 29 Jul 2022 13:55 WIB

Tanda Keruntuhan Emosional Orang Narsis Menurut Psikolog

Orang narsis juga bisa mengalami keruntuhan emosional pada satu titik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi orang sedih. Orang narsis dapat mengalami keruntuhan emosional pada batas tertentu, tergantung spektrum narsismenya.
Foto:

Sebaliknya, bagi tipe narsistik ekstrover (orang-orang yang tampil sebagai pemimpin yang menawan, sukses, dan disukai), keruntuhan lebih kecil kemungkinannya terjadi. Akan tetapi, apabila itu pada akhirnya terjadi, dampaknya akan sama melemahkannya.

Orang narsistik ekstrover akan melakukan apa saja untuk menyembunyikan kualitas negatif mereka, atau informasi yang bisa membuat orang lain tidak menyukainya. Mereka lazimnya mengambil pekerjaan sebagai aktor, politisi, atau posisi kepemimpinan lain di mana mereka jarang dipertanyakan atau dipandang rendah, sehingga mencegah peluang untuk runtuh secara emosional.

Elinor Greenberg, seorang terapis yang mengajar terapis lain bagaimana mendiagnosis gangguan kepribadian menyampaikan kondisi yang terjadi jika narsistiskekstrover mengalami keruntuhan emosional. Ia menjelaskan, itu bisa mengakibatkan kecemasan dan depresi yang membuat mereka tidak bisa bangun dari tempat tidur dan berfungsi pada tingkat normal.

"Runtuhnya juga bisa menyebabkan upaya bunuh diri," kata Greenberg, dikutip dari laman Insider, Jumat (29/7/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement