Jumat 29 Jul 2022 05:30 WIB

4 Bahasa Tubuh yang Ditunjukkan Anak Ketika Sedang Berbohong

Bahasa tubuh dapat menunjukkan bahwa anak sebetulnya sedang berbohong.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu yang sedang menasehati anak laki-lakinya (ilustrasi). Ketika anak berbohong, bahasa tubuhnya bisa memperlihatkannya.
Foto:

Menghindari kontak mata

Tak hanya pada orang dewasa, anak juga memiliki kecenderungan untuk menatap ke bawah atau menunduk ketiak menyembunyikan sesuatu atau merasa malu. Anak-anak cenderung melakukan kontak mata bila sedang bicara kebenaran.

Hal yang sebaliknya biasanya terjadi pada orang dewasa. Orang dewasa meyakini bahwa orang yang berbohong tidak bisa melakukan kontak mata. Hal ini membuat banyak orang dewasa cenderung melakukan kontak mata sebagai kompensasi saat sedang berbohong.

Menyembunyikan tangan

Perilaku menyembunyikan tangan saat sedang berbohong paling sering ditemukan saat anak sedang duduk di meja makan. Anak yang berbohong biasanya meletakkan tangan di bawah meja dan nada suaranya berubah.

Sebaliknya, anak yang bicara dengan jujur biasanya memiliki nada suara yang jelas. Selain itu, tangan mereka biasanya bergerak saat bicara.

"Gelisah juga bisa menjadi indikator kunci bahwa anak mungkin tidak menceritakan seluruh kebenaran, dalam skenario (di meja makan) ini, memainkan alat makan atau makanan juga bisa menjadi red flag," jelas Stanson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement