Kamis 28 Jul 2022 12:53 WIB

Virus Monkeypox Dapat Menyebar Selama Interaksi Tatap Muka

Selain kontak langsung dengan penderita, cacar monyet bisa menyebar melalui droplet.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan di Chennai, India pada 16 Juli 2022 melakukan skrining gejala cacar monyet terhadap penumpang yang tiba dari negara-negara risiko tinggi. Cacar monyet dapat menular melalui droplet penderita.
Foto:

Diagnosis cacar monyet

Kebingungan dalam penegakan diagnosis bisa terjadi karena pasien yang terinfeksi cenderung menunjukkan penyakit seperti flu yang tidak spesifik, termasuk demam, sakit kepala, dan sakit punggung. Ketika lesi pertama berkembang di lidah dan di mulut lalu akhirnya menyebar ke kulit barulah jenis penyakit menjadi lebih jelas.

Lesi, yang berisi nanah, bertahan selama lima hingga tujuh hari sebelum mulai mengeras. Bagian itu biasanya berkeropeng pada akhir pekan kedua dan tetap selama sekitar satu pekan lagi sebelum mulai rontok.Orang yang terinfeksi berisiko menularkan penyakit dari awal gejala seperti flu sampai semua keropeng hilang.

Dalam banyak kasus, lesi hanya terlihat di area genital atau di sekitar anus. Jika Anda memiliki ruam, luka, atau gejala lain yang baru atau tidak dapat dijelaskan, dianjurkan segera berkonsultasi dengan dokter, dikutip dari laman Indian Express, Rabu (27/7/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement