Sabtu 23 Jul 2022 17:34 WIB

Film Bertema Balapan yang Kurang Diapresiasi

Padahal, banyak adegan fantastis dalam film-film bertema balapan berikut ini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film tentang balapan yang kurang diapresiasi, salah satunya Ford v Ferrari. (ilustrasi)
Foto: 20th Century Fox
Film tentang balapan yang kurang diapresiasi, salah satunya Ford v Ferrari. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film tentang balapan tidak hanya Fast & Furious Saga. Ada banyak sinema bagus tentang balapan, baik itu balap jalanan ilegal, Nascar, atau Formula 1, namun kurang begitu diapresiasi. Padahal, banyak adegan fantastis dalam film-film itu yang mewakili keterampilan teknis dan kemampuan fisik para pemeran dan kru sinema.

Tema balapan cocok untuk diusung dalam hampir semua media seni hiburan. Baik itu novel aksi, gim video, hingga film layar lebar. Dalam genre sinema pun, bisa dikombinasikan dengan berbagai spektrum, mulai drama hingga komedi. Berikut film balap yang punya kualitas baik tapi tak mendapat pengakuan layak sesuai mutunya, dikutip dari laman Game Rant, Sabtu (23/7/2022):

Baca Juga

1. Ford v Ferrari

photo
Film Ford v Ferrari - (20 Century Fox via AP)

 

Ford v Ferrari adalah salah satu film balapan paling cerdas dekade ini. Matt Damon dan Christian Bale berperan sebagai mekanik yang berdedikasi dan pembalap andal. Film menyiratkan bahwa kepribadian penting dalam aksi balapan, dan banyak filosofi mengesankan di balik kap mesin.

 2. Talladega Nights: The Ballad of Ricky Bobby

photo
Talladega Nights: The Ballad of Ricky Bobby. - ( Sony Pictures Releasing)

 

Aktor Will Ferrell memerankan pembalap Nascar berbakat Ricky Bobby di sinema komedi olahraga ini. Ferrell dengan cepat menjadi legenda, tetapi ketika seorang pembalap baru mengambil alih posisinya, semua reputasi yang dia bangun seketika runtuh. Film ini sebenarnya agak ganjil, namun ada beberapa hal hebat dalam komedinya.

3. New Initial D the Movie

photo
Film New Initial D the Movie. - (Hanabee)

 

Anime alias film animasi asal Jepang jadi salah satu kombinasi unik untuk genre balap. Tidak ada anime balap drift di pegunungan di wilayah Kanto, Jepang, yang lebih ikonik daripada New Initial D the Movie yang diadaptasi dari manga karya Shuichi Shigeno. Soundtrack-nya luar biasa, lengkap dengan alur cerita yang membumi dan mendebarkan.  

4. The World's Fastest Indian

Film drama biografi olahraga asal Selandia Baru ini dibintangi Sir Anthony Hopkins sebagai pembalap sepeda Burt Munro. Dia memecahkan berbagai rekor luar biasa di era 1950-an dan 1960-an, namun Munro harus berjuang melawan kesehatan yang menurun dan kesulitan keuangan.

Aspek paling kuat dari film ini tidak diragukan lagi adalah akting Hopkins. Sutradara Roger Donaldson mengerjakan proyek itu selama lebih dari 20 tahun sebelum mencapai produksi yang layak.  Tidak cukup banyak orang yang telah melihat kisah mengharukan ini, padahal termasuk yang terbaik dalam genrenya.

5. Speed Racer

photo
Film Speed Racer. - (Warner Bros. Pictures)

 

Kakak beradik sutradara perempuan Lana dan Lilly Wachowski membuat adaptasi anime ini dalam sinema live action yang apik. Sayangnya, film gagal secara komersial meski amat spektakuler secara visual, dengan CGI yang mencolok, penuh narasi kreativitas sederhana namun kuat, serta indah sebagai film balap.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement