Sabtu 23 Jul 2022 04:07 WIB

5 Cara Murah untuk Makan Sehat di Rumah

Memasak sendiri di rumah bisa lebih murah dan lebih sehat.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi memasak
Foto: Needpix
Ilustrasi memasak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan di rumah memang paling enak. Anda bisa memilih makanan apa yang ingin Anda makan. Namun, untuk bisa makan di rumah, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang Anda ingin masak. Membeli bahan-bahan untuk dimasak juga harus murah dan tentunya bergizi.

Dilansir dari cnn pada Kamis (21/7/2022), makan makanan padat nutrisi dan seimbang adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan fisik dan mental Anda. 

Baca Juga

Berikut adalah enam cara Anda bisa makan lebih sehat dan hemat yaitu:

1. Persiapan Makan 

Ketika Anda lapar, Anda cenderung membuat keputusan yang mungkin tidak sejalan dengan tujuan kesehatan atau keuangan Anda. Jadi, ketika Anda meluangkan waktu untuk menyiapkan banyak makanan selama seminggu, Anda bisa menyesuaikan dengan tujuan kesehatan Anda dengan lebih baik.

2. Simpan Makanan di Freezer

Mengisi freezer Anda dengan makanan bergizi pasti akan menyelamatkan Anda dari belanja larut malam yang sangat menggiurkan. Meskipun Anda tidak akan melihat penghematan yang signifikan saat membeli makanan beku seperti ayam dan sayuran daripada yang segar, Anda bisa  menghemat uang dengan memiliki makanan pokok bergizi, dengan manfaat tambahan dari makanan dengan umur simpan yang lebih lama.

3. Pertimbangkan Protein Nabati

Jika Anda mencoba memasak makanan yang seimbang tanpa menghabiskan daging atau ikan, cobalah protein nabati seperti tahu, tempe, kacang-kacangan atau polong-polongan. Makanan ini menyehatkan dan jauh lebih terjangkau daripada protein hewani.

Tahu, yang tinggi protein dan mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda, juga sangat mudah dimasak.  Jika Anda ingin mereka lebih renyah, tambahkan sedikit tepung jagung ke dalam campuran.  Kombinasikan dengan sayuran dan biji-bijian atau aduk menjadi kari yang mendidih untuk hidangan yang lezat dan memuaskan.

4. Berkreasilah di Dapur

Beberapa makanan yang paling terjangkau juga bisa mengandung nutrisi paling banyak.  Misalnya, ubi jalar yang murah mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Anda bisa memilih bahan-bahan bergizi dan cukup murah dengan mencarinya di internet. 

Cara lain untuk menghemat uang di dapur adalah dengan memanfaatkan kembali sisa makanan dan sisa makanan.  Misalnya, gunakan tulang dari daging atau unggas untuk membuat kaldu.

5. Smoothie

Salah satu cara termudah dan paling murah untuk memasukkan makanan ringan atau makanan bergizi dan lezat ke dalam diet Anda adalah dengan smoothies.  Menggunakan bahan yang tepat, Anda dapat membuat makanan yang lengkap dalam hitungan menit. Keuntungan lainnya, sebagian besar bahan-bahan ini juga bisa disimpan di pantry atau freezer Anda.

Smoothie sederhana bisa berisi irisan pisang beku untuk tekstur dan pemanis alami, bayam beku atau segar, nasi kembang kol beku untuk nutrisi dan tekstur tambahan dan kemudian buah beri segar atau beku, bubuk protein, dan kacang pilihan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement