Kamis 21 Jul 2022 01:42 WIB

10 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit 

Kulit dan rambuat dalah organ pertama yang terpengaruh ketika tubuh kurang nutrisi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang perempuan sedang merawat kulit wajahnya agar sehat.
Foto: www.freepik.com
Seorang perempuan sedang merawat kulit wajahnya agar sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit adalah sebagai organ tubuh yang penting. Kulit dapat menjadi cerminan yang sangat baik dari kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.  

Kulit yang sehat tidak terbatas pada perawatan wajah, krim wajah atau kosmetik. Dilansir dari ndtv pada Rabu (20/7/2022), kulit, rambut dan kuku juga bisa menjadi tanda yang bagus dari status gizi Anda. Sebab, ketika tubuh kekurangan nutrisi, organ seperti kulit, rambut, dan kuku seringkali yang pertama terpengaruh. Kulit, rambut dan kuku adalah tempat paling belakang untuk menerima nutrisi sebelum nutrisi itu dialirkan ke organ yang lebih penting terlebih dahulu.  

Baca Juga

Jadi, jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan, kulit Anda akan kelaparan dan akan mencerminkan kebutuhan itu. Kebanyakan orang tidak mengerti dan beralih ke kosmetik daripada mencari akar penyebabnya.

Untuk terlihat terbaik di luar, Anda harus menjaga diri sendiri dari dalam. Berikut 10 makanan yang meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan yaitu:

 

1. Capsicum

Capsicum adalah teman terbaik kulit Anda karena sangat penting untuk perbaikan jaringan, dan sintesis kolagen dan dapat bertindak sebagai antioksidan. Capsicum memiliki serat tinggi, energi rendah, dan juga mengandung nutrisi seperti Vitamin A, Zat Besi, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin K, Kalium, dan Mangan.

2. Ikan Gendut

Salmon mengandung asam lemak omega-3 protein berkualitas tinggi, Vitamin E dan seng yang dapat mengurangi peradangan dan menjaga kelembapan kulit Anda.

3. Kenari

Kacang kenari adalah sumber lemak esensial, Vitamin E, seng, selenium, dan protein yang bagus. Semuanya merupakan nutrisi yang dibutuhkan kulit Anda untuk tetap sehat.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sumber karotenoid, vitamin dan mineral yang dapat membantu mencegah kanker kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

5. Cokelat Hitam

Kakao mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki tekstur kulit, kerutan dan aliran darah.

6. Berry

Stroberi, raspberry atau blueberry adalah sumber Vitamin C dan antioksidan yang sangat baik yang meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

7. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak baik, Vitamin E, dan C, yang sangat penting untuk kesehatan kulit.

8. Biji Bunga Matahari 

Biji bunga matahari merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, Vitamin E, yang merupakan antioksidan penting bagi kulit.

9. Teh Hijau

Katekin yang ditemukan dalam teh hijau adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi kemerahan, meningkatkan hidrasi, ketebalan dan elastisitasnya.

10. Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C yang baik dan semua karotenoid utama, terutama likopen, melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan dapat membantu mencegah kerutan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement