Jumat 22 Jul 2022 06:40 WIB

Vaksin Covid-19 Sedikit Pengaruhi Siklus Menstruasi, Kesuburan Tetap Aman

Semua jenis vaksin Covid-19 dapat pengaruhi siklus menstruasi untuk sementara.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Vaksin Covid-19 tampak dapat sedikit mengganggu siklus menstruasi, namun itu berlangsung temporer.
Foto:

Proporsi yang jauh lebih kecil dari orang-orang memiliki periode yang lebih ringan. Studi tersebut menyoroti bahwa umumnya perubahan pada perdarahan menstruasi cukup umum dan tidak berbahaya.

Penting juga untuk mencatat keterbatasan penelitian ini. Sebab, penelitian semata-mata didasarkan pada respons pribadi dari peserta.

 

photo
Cara mengatasi efek samping vaksinasi Covid-19. - (Republika)

 

Kate White MD, associate professor obstetri dan ginekologi di Boston University School of Medicine sepakat bahwa penelitian ini dibatasi oleh desain berbasis web. Selain itu, ada persentase yang sangat tinggi dari responden berkulit putih.

"Hal itu mungkin tidak mencerminkan pengalaman semua orang. Tetapi ukuran penelitian (lebih dari 39 ribu orang adalah kekuatan yang luar biasa," kata penulis Your Sexual Health: A Guide to Understanding, Loving and Caring for Your Body itu.

Namun, temuan ini sejalan dengan penelitian yang lebih kecil. Studi itu menunjukan perubahan menstruasi setelah vaksinasi menggunakan kelompok kontrol (orang yang tidak divaksinasi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement