Rabu 20 Jul 2022 10:15 WIB

Pakar: Pangan Hewani Bisa Bantu Cegah Obesitas dan Gizi Buruk

Asupan pangan hewani dapat mendukung pertumbuhan dan mencegah obesitas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan mengandung protein hewani (Ilustrasi). Selain mendukung pertumbuhan, pangan hewani juga bisa mencegah obesitas.
Foto:

Zat gizi yang ada pada pangan hewani sulit ditemukan atau tidak ada di pangan nabati. Mengutip penelitian Lotfi, Ahmad menjelaskan pangan hewani memiliki protein bermutu tinggi dengan asam amino lengkap, kandungan faktor antinutrien rendah, serta mengandung Insulin-like Growth Factor-1 (IGF-1) yang meningkatkan tinggi badan.

Ahmad mengatakan penting bagi perempuan, khususnya ibu dan calon ibu, untuk membekali diri dengan pengetahuan terkait kebutuhan gizi berkualitas bagi diri dan juga keluarga. Sejumlah penelitian di Indonesia menunjukkan hubungan yang erat antara kekurangan asupan protein hewani terhadap kondisi stunting dan masalah gizi lainnya.

Ahmad menjelaskan pangan hewani mencakup telur, ayam, ikan, daging sapi, dan susu. Menurutnya, sebagai salah satu asupan dengan sumber gizi terlengkap, susu menjadi pilihan asupan baik yang mudah dikonsumsi dan disukai anak-anak.

"Pemenuhan gizi berkualitas, nyatanya tak lepas dari kondisi ekonomi yang juga masih menjadi tantangan, sehingga akses terhadap gizi berkualitas masih terhambat," tutur Ahmad.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement