Selasa 19 Jul 2022 00:49 WIB

Studi: Perempuan yang Terlalu Banyak Duduk Berpeluang Terkena Kanker Lebih Besar

Ada beberapa jenis kanker yang bisa berisiko apabila terlalu banyak duduk.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sebuah studi mengungkap bahwa terlalu banyak duduk bisa meningkatkan peluang wanita terkena kanker.
Foto: www.freepik.com
Sebuah studi mengungkap bahwa terlalu banyak duduk bisa meningkatkan peluang wanita terkena kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi mengungkap bahwa terlalu banyak duduk bisa meningkatkan peluang wanita terkena kanker khususnya dengan multiple myeloma, kanker payudara dan kanker ovarium. Tetapi waktu duduk tidak terkait dengan risiko kanker pada pria.

Studi ini dipimpin oleh Dr Alpa Patel yang memimpin Cancer Prevention Study-3 di American Cancer Society. Penelitian ini melacak hasil untuk lebih dari 146 ribu pria dan wanita yang bebas kanker pada awal penelitian dan kemudian diikuti dari tahun 1992 hingga 2009. Selama waktu itu, hampir 31 ribu dari peserta mengembangkan kanker.

Baca Juga

Lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk selama waktu senggang dikaitkan dengan risiko kanker 10 persen lebih tinggi secara keseluruhan pada wanita, setelah para peneliti menyesuaikan faktor-faktor seperti tingkat aktivitas fisik dan berat badan. Namun, tidak ada tautan seperti itu yang ditemukan pada pria.

Di antara wanita, kanker spesifik yang terkait dengan tingginya tingkat duduk selama waktu senggang adalah kanker darah multiple myeloma, kanker payudara invasif, dan kanker ovarium.

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami perbedaan dalam asosiasi antara pria dan wanita,” tulis Alpa Patel dan rekannya seperti dilansir dari laman Black Doctor, Selasa (19/7/2022).

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kanker, tetapi beberapa penelitian telah meneliti hubungan antara waktu duduk dan risiko kanker. Selama beberapa dekade terakhir, waktu duduk di Amerika Serikat telah meningkat, menurut para peneliti.

Penelitian ini tidak dirancang untuk membuktikan sebab-akibat. Namun, mengingat banyaknya waktu yang dihabiskan orang Amerika untuk duduk, bahkan sedikit hubungan antara duduk dan peningkatan risiko kanker dapat memiliki implikasi kesehatan masyarakat yang besar.

Profesor preventive medicine di Icahn School of Medicine di Mount Sinai New York, Paolo Boffeto mengatakan bahwa studi ini memberikan pesan yang jelas yaitu memotivasi setiap individu terutama perempuan untuk lebih aktif.

“Mendorong individu di semua kategori berat badan untuk mengurangi waktu duduk akan berdampak pada aktivitas fisik mereka, dengan efek menguntungkan pada kanker dan penyakit kronis lainnya,” kata Bofetta.

Namun Dr Charles Shapiro dari Mount Sinai menilai, penelitian ini dibatasi oleh fakta bahwa itu bergantung pada ingatan orang-orang yang menjawab kuesioner tentang kebiasaan masa lalu. Namun, menurut dia, penelitian ini penting karena menyoroti bahwa lebih sedikit waktu luang duduk dan peningkatan aktivitas fisik adalah entitas yang berbeda, dengan implikasi terpisah untuk risiko kanker.

“Disarankan agar kita berolahraga secara teratur, minimal 150 menit seminggu, dan mengurangi waktu duduk. Namun, karena jadwal kami atau sifat pekerjaan kami, itu mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan untuk beberapa orang daripada yang lain,” kata Shapiro.

Untuk mengurangi waktu duduk Anda bisa melakukan beberapa tips seperti berdiri di kereta atau bus, menyetel alarm untuk berdiri setiap 30 menit, berdiri atau berjalan-jalan saat menelpon, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement