Ahad 17 Jul 2022 16:48 WIB

Kerap Dianggap Menyehatkan, Beras Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah

Ada alternatif lain yang lebih menyehatkan untuk mengganti beras putih.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan kadar gula darah. Beras cokelat yang dianggap menyehatkan ternyata juga dapat meningkatkan kadar gula darah.
Foto:

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE mengamati 28 orang dewasa dengan diabetes tipe 2 yang juga mengonsumsi biji-bijian. Para peserta ini juga mengalami peningkatan kadar gula darah mereka.

Penting juga untuk mempertimbangkan seberapa cepat karbohidrat meningkatkan kadar gula darah. Inilah pentingnya mencermati indeks glikemik (GI).

GI merupakan sistem peringkat yang menjelaskan apakah suatu makanan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, sedang, atau lambat. Skalanya dimulai dari 0 hingga 100, dengan karbohidrat yang diserap perlahan memiliki angka 55 atau di bawahnya.

Sementara itu, diabetes tipe 2 memiliki gejala utama meliputi kencing lebih dari biasanya (terutama di malam hari), merasa haus sepanjang waktu, merasa sangat lelah, dan penurunan berat badan yang tidak disengaja. Gatal di sekitar penis atau vagina, sariawan berulang kali, serta luka sembuhnya lama juga menjadi ciri-ciri diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement