Selasa 12 Jul 2022 17:41 WIB

Penyakit HIV Hingga Autoimun Bisa Terdeteksi dari Kesehatan Mulut

Mulut dapat menjadi pintu masuk bakteri penyebab penyakit.

Penyakit autoimun.
Foto: Picpedia
Penyakit autoimun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mulut adalah rongga pertama dari saluran pencernaan. Mulut dapat menjadi pintu masuk bakteri penyebab penyakit.

Namun, jika Anda dapat merawat kesehatan gigi dan mulut dengan baik, maka hal itu dapat meminimalkan masuknya bakteri berbahaya tersebut. Hal itu disampaikan oleh dokter gigi dari Klinik Rata, drg Gita Caesaria.

Baca Juga

"Jadi kalau misalnya Anda ada masalah pencernaan, dari pemeriksaan gigi dan mulut itu biasanya dokter gigi akan tahu kesehatan sistemiknya seperti apa," ujar Gita.

Gita melanjutkan, ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat dideteksi melalui pemeriksaan rongga mulut seperti kekurangan asupan vitamin, HIV, hingga autoimun."Misalnya sariawan, oh ternyata dia defisiensi, ada vitamin yang kurang atau ada faktor hormonal. Bahkan sesimpel penyakit sistemik kayak HIV bisa dideteksi dari rongga mulut," jelas Gita.

Dia mengatakan biasanya orang-orang dengan gangguan autoimun, rongga mulutmya mudah berjamur. KOndisi rongga mulut berjamur jarang ditemukan dengan orang yang tidak memiliki penyakit itu. Jadi karena dia rongga pertama, sudah pasti kita bisa melihat banyak hal di situ.

Gita menyarankan untuk periksa gigi secara rutin enam bulan sekali untuk menghindari masalah kesehatan gigi dan mulut. "Enam bulan itu biasanya mulai ada pembentukan karang gigi, lalu lubang yang tadinya di email mulai masuk ke dentin. Orang dewasa, anak kecil, semua tetap enam bulan sekali harus ke dokter gigi," kata Gita.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement