Sabtu 09 Jul 2022 12:01 WIB

Tayang 13 Juli, The Mauritanian Kisahkan Muslim yang Dipaksa Mengaku Sebagai Dalang WTC

The Mauritanian ajak penonton terlibat dalam ketegangan proses pengadilan kasus WTC.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Tangkapan layar film The Mauritanian memperlihatkan aktor Tahar Rahim berperan sebagai Mohamedou Ould Slahi yang namanya dikait-kaitkan dengan serangan 11 September 2001 yang menghancurkan Gedung WTC di AS, meski belum ada bukti cukup.
Foto:

Dalam film, Nancy dan Teri harus menghadapi Letnan Kolonel Stuart Couch (Benedict Cumberbatch) yang menjadi jaksa penuntut. Couch yang jujur dan idealis amat berambisi menguak kasus itu lantaran sahabatnya tewas akibat peristiwa WTC.

Penonton seolah larut dalam tahapan demi tahapan penyelesaian kasus, termasuk saat para tokoh dalam film menghadapi kebuntuan. Meski film sarat dengan hal-hal berbau hukum, tetap ada sisipan komedi yang dimasukkan oleh sutradara Kevin Macdonald.

Itu terlihat dari sosok Slahi yang berusaha optimistis di tengah kondisi terbelenggu. Dia berinisiatif menjalin relasi baik dengan sipir setelah belasan tahun menghuni penjara, atau ketika dia dan sesama tahanan memanggil satu sama lain dengan sebutan negara asal.

Penonton bisa menilai sendiri apakah upaya keras Slahi meraih kebebasan bakal membuahkan hasil atau tidak. Begitu pula usaha keras Nancy dan Teri yang ingin keadilan ditegakkan, yakni bahwa semua orang berhak mencicipi "barang mahal" tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement