Jumat 08 Jul 2022 19:05 WIB

Vaksin Covid-19 Universal Pfizer-BioNTech Siap Uji Klinis, Apa Bedanya dengan yang Dulu?

Vaksin universal dapat berikan perlindungan terhadap semua varian SARS-CoV-2.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Pfizer Covid-19. Pada pekan lalu, Pfizer-BioNTech mengumumkan bahwa kandidat vaksin Covid-19 universal milik mereka akan memasuki tahap uji klinis.
Foto:

Di sisi lain, Dr Mousa turut menyoroti tantangan dalam mengembangkan vaksin universal untuk Covid-19 ini. Seperti halnya masalah yang ditemukan pada virus dengan genom RNA lain, SARS-CoV-2 cenderung lebih mudah bermutasi dan lolos dari imunitas.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

"Bila Anda memberikan tekanan pada virus melalui paparan antibodi, misalnya, virus-virus yang bisa menghindari antibodi tersebut akan lebih bertumbuh dan menjadi dominan," ujar Dr Mousa.

Virus, terutama yang baru bagi manusia seperti SARS-CoV-2, bisa bermutasi agar mampu beradaptasi lebih baik pada manusia selama penyebaran. Mencegah hal ini terjadi merupakan salah satu langkah penting dalam mengendalikan pandemi.

"Penting untuk bisa menghasilkan vaksin atau pengobatan yang bisa terus memberikan perlindungan atau pengobatan terhadap versi-versi virus baru yang mungkin muncul," ungkap Dr Hawkinson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement