Sabtu 09 Jul 2022 00:40 WIB

Gejala Covid-19 Ini Paling Banyak Dikeluhkan Orang yang Sudah Divaksinasi Lengkap

Orang yang sudah divaksinasi Covid-19 lengkap masih bisa terinfeksi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Orang yang sudah divaksinasi lengkap masih bisa kena Covid-19.
Foto:

Kabar baiknya, gejala Covid-19 yang muncul saat ini relatif ringan. Kasus kematian Covid-19 yang terkonfirmasi pun lebih rendah dibandingkan pada gelombang awal pandemi. Yang cukup mengkhawatirkan, jumlah kasus Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit tampak mulai meningkat.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

"Saya masih menganjurkan orang-orang untuk melindungi diri mereka dengan menggunakan masker FFP2 atau FFP3 yang berkualitas saat berada di tengah keramaian atau di area berventilasi buruk, serta melakukan tes bila mengalami gejala," ujar Prof Spector.

Kemunculan subvarian omicron, BA.4 dan BA.5, dinilai mendorong terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah negara. Kedua varian ini pertama kali teridentifikasi oleh peneliti di Afrika Selatan pada April lalu. Saat ini, keberadaan kedua varian tersebut telah terdeteksi di puluhan negara.

Vaksinasi masih menjadi upaya pencegahan yang sangat dianjurkan. Vaksinasi telah terbukti efektif dan aman dalam memberikan perlindungan terhadap risiko sakit berat dan kematian terkait Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement