Selasa 05 Jul 2022 00:30 WIB

4 Tanda Program Diet Hanya Buang-Buang Uang

Tubuh tiap orang berbeda, tidak ada satu program diet yang pasti cocok untuk semua.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Diet dengan green smoothies (Ilustrasi). Perangkap umum dari program diet populer adalah menggunakan menu yang sama untuk semua orang.
Foto:

Menghilangkan makanan atau kelompok makanan tertentu

Ini juga jadi pertanda buruk bahwa program diet yang dipilih bakal sia-sia. Asche berpendapat, seseorang tidak perlu meniadakan makanan atau jenis makanan tertentu dari sebuah program diet yang baik.

Seseorang hanya perlu fokus pada keseimbangan makanan yang disantap dengan pilihan padat nutrisi. Diet sehat tak perlu menyingkirkan asupan karbohidrat atau melarang pelakunya makan permen dan kudapan. Asche mengutip studi bahwa berpantang dari makanan tertentu bisa membuat seseorang lebih menginginkannya.

- Aturan yang terlalu ketat

Diet dengan aturan yang terlalu ketat, bahkan ekstrem, dinilai Asche sebagai sesuatu yang tidak perlu dan seringkali berbahaya. Diet yang baik semestinya fleksibel, namun menjaga konsistensi kebiasaan sehat.

Asche mencontohkan seseorang yang terlalu gandrung memakai jurnal makanan atau aplikasi pelacak kalori. Itu memang dapat menjadi alat yang berguna untuk menilai kebiasaan makan, tetapi juga bisa memicu stres.

"Ini bisa hebat, atau bisa mengerikan dan obsesif. Anda tidak perlu menggunakannya untuk melacak setiap stroberi yang Anda masukkan ke dalam mulut," ujar Asche.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement